Senin, 17 Desember 2012

Piranti Interaktif


Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Pada kesempatan kali ini, penulis akan sgare tentang materi IMK yang lalu. Berikut materinya:
Piranti interaktif dibedakan menjadi dua, yakni:
1.             Piranti Inuput
2.             Piranti Output

Piranti input kembali terbagi menjadi beberapa macam, berikut diantaranya:
1.        Keyboard
Pertama kali desain keyboard didasarkan pada rancangan QWERTY, dikembangkan pada tahun 1866 untuk mesin ketik. QWERTY keyboard dirancang untuk mengatasi tombol-tombol yang paling sering ditekan, dalam artian untuk mengurangi kemacetan penekanan. Keyboard akan optimal bilamana tata letak kunci-kuncinya sedemikian rupa sehingga menyebabkan pergantian jari yang menekan tombol akan menghasilkan kecepatan yang maksimal namun dengan ketegangan otot yang minimal. Secara ergonomi, keyboard telah dirancang untuk mengurangi ketegangan otot jari
Keyboard merupakan piranti terbaik untuk inputan berbentuk teks. Meskipun demikian, penelitian menunjukkan bahwa untuk melaksanakan pekerjaan berbentuk pilihan (mis: dari suatu menu), keyboard lebih lambat, kurang akurat, dan kurang disukai pengguna dibandingkan piranti masukan lainnya
2.        Mouse
Sebuah mouse menggabungkan dua operasi penting berbasis layar:
    1. Kemampuan menggerakkan kursor, dan
    2. Kemampuan memilih suatu obyek pada layar ke dalam satu piranti
Gerakan mouse pada permukaan datar menentukan gerakan kursor pada layar, mouse umumnya mempunyai 1 sampai 3 tombol pada bagian atas untuk pilihan obyek. Tdknologi dasar mouse adalah Mekanis dan Optis
3.        Joystick
Sebuah joystick terdiri dari sebuah tuas yang ditanamkan pada sebuah alas. Teknologi dasar joystick:
a.          Pergeseran – gerakan kursor pada layar sepadan dengan gerakan tuas joystick
b.         Daya operasi – tuasnya kaku, namun ketegangan yang menimbulkan tekanan terhadap tuas dikonversikan pada gerakan kursor yang tepat pada layar
c.          Saklar digital – gerakan yang tidak sepadan dari tuas dalam 8 arah dideteksi oleh saklar digital di dalam joystic
Sifat joystick:
a.         Kurang akurat dibandingkan mouse, namun hanya membutuhkan sedikit ruangan
b.         Teknologinya kurang dikembangkan dibandingkan piranti lainnya
4.        Accupoint
Dikenal sebagai G-stick, accupoint adalah miniatur dari joystick yang diletakkan diantara kunci G dan H pada keyboard. Biasanya dipakai bersama dengan 2 buah tombol dan fungsinya sama dengan mouse. Karena accupoint ditempelkan pada keyboard, maka tidak memerlukan tambahan ruang untuk operasinya. Accupoint dioperasikan cukup dengan 1 jari saja dan tidak memerlukan ruang
5.        Trackball
Trackball dapat dilukiskan sebagai gabungan fungsi dari joystick dan mouse. Terdiri atas dasar yang tetap, yang menyangga sebuah bola. Arah rotasi dan kecepatan rotasi menentukan arah dan kecepatan dari gerakan kursor pada layar
Sifat trackball:
a.          Mudah dipelajari
b.         Membutuhkan sedikit ruangan (seperti joystick)
c.          Dilaporkan oleh beberapa peneliti bahwa trackball adalah salah satu piranti penuding yang terefisin (dalam hal ketepatan dan kecepatan)
6.        Light Pens
Merupakan pena yang membangkitkan informasi ketika ditudingkan pada layar. Ketika light pen ditudingkan pada tampilan CRT, sebuah lensa memfokuskan setiap cahaya yang dipancarkan dari layar menuju sebuah detektor cahaya atau photocell
Ketika pancaran elektron di dalam CRT menyegarkan fosfor pada titik dimana light pen sedang menuding, pertambahan kecerahan menyebabkan suatu signal listrik dikirimkan ke komputer
7.        Touch Screen
Dapat digolongkan dalam panel sensitif sentuhan. Cara kerjanya adalah dengan mengintrupsi matriks berkas cahaya atau dengan mendeteksi adanya perubahan kapasitansi atau bahkan pantulan ultrasonic
Sifat touch screen:
a.         Mengijinkan koordinasi mata dan tangan secara alamiah
b.         Membutuhkan sedikit atau tanpa tambahan ruang kerja
c.         Dapat menyebabkan kelelahan lengan dengan beban pemakaian yang ekstensif
d.        Dapat mengaburkan layar
e.         Cocok ditempatkan dalam lingkungan yang tidak ramah, mis: mesin pabrik, kabin pesawat, dll
f.          Jari tangan bukan alat penuding yang presisi, terutama untuk untuk menuding bagian-bagian daerah yang kecil
Sedangkan dari piranti output salah satunya adalah Layar Tampilan (Monitor)
Layar tampilan adalah sumber utama informasi dan harus diakui memiliki keterbatasan dibandingkan kertas. Pada dasarnya semua layar tampilan memiliki 3 komponen utama, yaitu:
a.       Pengingat digital (frame buffer)
b.      Layar penampil
c.       Pengendali tampilan (display controller)
Ada 2 macam cara penampilan gambar:
a.       Vector display; pengingat digitalnya berisi daftar tampilan dan program tampilan
b.      Raster display; garis, karakter, dan bentuk-bentuk lain digambar berdasarkan komponen terkecilnya yaitu titik yang sering disebut pixel
Layar komputer, pada umumnya memiliki karakteristik sebagai berikut:
a.       Tidak stabil
b.      Timbul kedip pada saat gambar di refresh
c.       Upayakan gambar yang secara relatif memiliki kontras yang rendah – warna hijau dan hijau tua paling sulit dioptimalkan
d.      Dipengaruhi faktor-faktor lingkungan (seperti refleksi, posisi user, cahaya ruangan, dll)
e.       Rentan terhadap naik turunnya tegangan listrik
f.       Dapat membuat mata cepat lelah
g.      Untuk layar CRT dapat menimbulkan radiasi gelombang elektromagnetik

0 komentar:

Posting Komentar

 
;